Jumat, 01 Februari 2013

TIDUR YANG SEHAT DENGAN SUNNAH


            Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia, setiap orang memerlukan Tidur yang cukup apalagi orang sedang sakit maka untuk memulihkan kesehatan maka orang tersebut memerlukan istirahat (Tidur) yang lebih dari orang sehat pada umumnya.
            Setiap hari orang Tidur tetapi bagaimana Tidur yang baik untuk kesehatan. Tidur yang berlebihan akan membuat orang malas, kesehatan juga terganggu. Tidur yang kurang akan membuat daya tahan tubuh berkurang, kesehatan juga terganggu alias mudah sakit. Maka yang baik adalah Tidur yang cukup, tetapi Tidur yang cukuppun belum tentu berkualitas sehingga betul-betul bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
            Lalu bagaimana Tidur yang cukup dan berkualitas sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad Shallallahu A’laihis Salam, sehingga baik untuk agama dan baik pula untuk kesehatan ?????????
            Tidur bagi seorang muslim adalah hal yang sangat penting, karena dalam Tidurnya seseorang akan mengumpulkan tenaganya untuk beribadah kepada Allah. Islam adalah agama yang sempurna sehingga mengatur urusan umatnya sampai dalam masalah Tidur, sehingga adab dan etika dalam Tidur diatur dalam agama ini. Diantara adab-adabnya adalah sebagai berikut :
1.      Berwudhu sebelum Tidur
Rasullah Shallallahu A’laihis Salam bersabda yang artinya :
“Apabila engkau hendak Tidur, maka hendaklah Tidur terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat” (HR. Bukhari-Muslim)
Di sisi lain sebelum berwudhu, kita juga dianjurkan untuk sikat gigi (siwak). Jadi islam sudah menganjurkan kepada ummatnya untuk gosok gigi sebelum Tidur, secara tidak langsung menganjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dengan sikat gigi sebelum Tidur.
2.      Membersihkan tempat Tidur
Rasullah Shallallahu A’laihis Salam bersabda yang artinya :
“Jika salah seorang diantara kalian akan Tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat Tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘Bismillah’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalannya tadi”
(HR. Bukhari-Muslim)
3.      Membaca ayat-ayat Al-Qur’an
Adapun ayat-ayat yang perlu untuk dibaca sebelum Tidur adalah :
a.       Ayat Kursi
b.      Dua ayat terakhir surat Al-Baqorah
c.       Meniup kedua telapak tangan dan dibacakan Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas kemudian dengan dua telapak tangan mengusap dua bagian tubuh yang dapat dijangkau dengan dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan, hal ini di ulang sebanyak 3 (tiga) kali.
4.      Berdoa
Lakukan doa sebelum Tidur, karena ini sebagai bentuk kepasrahan kita pada sang Pencipta. Adapun doanya adalah “ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan dengan nama-Mu pula aku hidup (kembali)
5.      Tidur dengan mendahulukan sisi kanan badan
Rasullah Shallallahu A’laihis Salam bersabda yang artinya :
“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu” (Muttafaqun Alaihi)
Jika ditinjau dalam kesehatan ternyata dengan Tidur memiringkan tubuh ke kanan hal ini akan menjaga jantung yang ada di sebelah kiri dada juga mejaga lambung yang juga berada di sebelah kiri perut kita. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar: